OPD Diminta Aktif Update Informasi Publik di Website PPID

by Admin


PEMALANG – Dengan di-launching-nya Sistem Layanan Informasi Publik Online dalam bentuk website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentas (PPID) Kabupaten Pemalang, maka seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkungan Pemkab Pemalang, diharapkan untuk selalu aktif meng- update data/informasi publik yang ada di masing–masing OPD. Hal ini disampaikan Bupati Pemalang Junaedi, saat acara launching Sistem Layanan Informasi Publik secara Online dan Rakor PPID, di salah satu hotel di Pemalang, Selasa, (10/7/2018).

“Saya harapkan dengan di-launching-nya website ini, OPD harus selalu meng-update data, sehingga isi yang ada di website tidak itu – itu saja”, tegas Junaedi.

Dikatakan, selama ini, pihaknya telah dimohon untuk me-launching berbagai kegiatan di sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Pemalang, sejauh ini pula launching hanya launching saja, namun tidak disertai dengan kegiatan yang dapat mendukung launching tersebut. Akibatnya banyak kegiatan yang sudah di-launching, namun kemudian tidak berjalan sesuai dengan harapan.

“Jadi tolong jangan asal launching- launching kegiatan saja, kalau pada akhirnya kegiatan tersebut tidak sesuai yang kita diharapkan”, tegas Junaedi dihadapan peserta rakor PPID Kabupaten Pemalang.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Pemalang, Nugroho BR, selaku penyelenggara kegiatan tersebut menjelaskan, untuk dapat menjadi Badan Publik yang informatif, Pemkab Pemalang harus dapat mengembangkan suatu sistem layanan informasi publik yang cepat, mudah, dan murah. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 3 tahun 2017, tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

“Untuk itulah maka PPID Kabupaten Pemalang, mengembangkan layanan informasi publik online berbasis website dan android”, jelas Nugroho.