Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik, Pemalang Studi Tiru Ke Purworejo Dan Sleman

by Admin


Pemalang – Guna meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang melakukan studi tiru ke LPPL Irama FM Kabupaten Purworejo, dan media center Kabupaten Sleman Rabu, (12/5/2021).

Studi tiru tersebut dilakukan oleh Diskominfo Pemalang guna belajar Iebih jauh mengenai regulasi dan pengelolaan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) secara Murni dan pengelolaan media center.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima oleh Plt. Kadiskominfo Purworejo selaku Ketua Dewan Pengawas LPPL Irama FM St2 Endah Srigati dan Direktur Utama LPPL Irama FM Purworejo Aji Wahyudi beserta jajarannya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Yanuar Nitbani diwakili Sekdin Kominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo selaku
pimpinan rombongan study tiru
menjelaskan, kedatangannya ke LPPL Irama FM Purworejo yakni untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan LPPL di Purworejo termasuk kegiatan, kelengkapan dan payung hukum yang mendukung tercapainya pelayanan informasi publik kepada masyarakat.

Joko Ngatmo mengungkapkan, sejauh ini LPPL Pemalang belum mempunyai kelengkapan kelembagaan seperti Dewan
Pengawas, dan Direksi, sehingga
berpengaruh terhadap peran LPPL Pemalang dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Setelah mendapat banyak penjelasan terkait pemgelolaan LPPL secara Mandiri Joko Ngatmo yang dalam kunjungannya didampingi Kasubbag Umpeg, Rizki Yuliawan, Kasi Informasi Publik Jajuningsih dan Kasi Komunikasi Publik Widya Purwadi, mengaku senang karena sudah dapat gambaran lebih banyak lagi terkait pengelolaan maupun kelembagaan LPPL secara murni.

Sementara Plt. Kadiskominfo Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan bahwa dengan sudah dikelolanya secara mandiri, secara sisi kelembagaan LPPL Irama FM lebih tertata.

Dengan demikian pihaknya mengaku lebih ringan dalam pelaksanaan tugasnya, sedangkan dari sisi anggaran pihaknya hanya memberikan dana hibah kepada LPPL Irama FM disetiap tahunnya, sementara untuk target 2024 ini LPPL Irama FM direncanakan menjadi radio Digital.

“Pengelolaan LPPL secara mandiri dari sisi kelembagaan lebih tertata”, ujarnya.

Seusai saling bertukar cinderamata dan melakukan siaran dialog melalui LPPL Irama FM Purworejo, kunjungan dilanjutkan ke Kabupaten Sleman untuk studi tiru terkait pengelolaan web site dan media center.

Di Kabupaten Sleman mereka diterima Kepala Diskominfo Sleman Eka Suryo Prihantoro, didampingi Kabid IKP Noor Hidayati dan jajarannya di Sleman Smart Room Diskominfo Kabupaten Sleman.

Kabupaten Pemalang, Camat dan Kepala Desa lokasi PTSL.